Sunday, November 4, 2018

Si Buta dari Gua Hantu Akan Segera Hadir Di Layar Lebar?

Ohaiyou Clickers! Genki desuka?



            Setelah suksesnya merilis film Wiro Sableng pada beberapa waktu lalu dan sedang persiapan untuk penayangan Gundala yang di jadwalkan akan rilis pertengahan 2019 nanti, sempat tersiar kabar bahwa salah satu superhero Indonesia yang lainnya akan ikut muncul di layar lebar, yap dia adalah Si Buta dari Gua Hantu. Superhero yang terkenal dengan jurus-jurus mautnya dan tentunya sosok teman kecilnya, yaitu seekor kera kecil yang bernama Si Kliwon ini sudah mendapat prediksi akan segera hadir di layar lebar. Oke kali ini mimin akan memberikan 5 fakta mengenai superhero yang satu ini, mau tahukan? Let's check it out!


1. Sejarah Si Buta dari Gua Hantu



           Karakter Si Buta ini diciptakan oleh seorang komikus yang bernama Ganes Thiar Santosa atau biasa dipanggil Ganes TH pada tahun 1960 dan komik pertamanya diterbitkan pada tahun 1967 dan kemudian dicetak ulang pada tahun 2005. Sama halnya seperti Gundala, komik Si Buta memiliki 21 judul komik hingga tahun 1989, serta pernah muncul di beberapa seri lain seperti Jaka Sembung Vs Si Buta dari Gua Hantu (jika diibaratkan ini seperti Civil Warnya pendekar asli Indonesia :v) dan Taring Andalas. Setelah kepergian Ganes TH pada tahun 1995, komik ini mulai berhenti dan 10 tahun kemudian pada tahun 2005 komik ini di cetak ulang dan menghasilkan 8 judul. Kini kabar mengenai Si Buta yang akan segera di angkat ke layar lebar menjadi satu hal yang patut ditunggu.

2. Si Kliwon


         Yang berikutnya adalah teman setianya, yaitu Si Kliwon. Si Kliwon digambarkan sebagai seekor kera kecil yang selalu berada di pundak Si Buta. Tapi tahukah kalian bahwa pada tahun 1995, nama Si Buta mulai dikenal semenjak Hadi Leo berhasil memperankan karakter pendekar satu ini dan sorotan tajam tepat pada sang teman, Kliwon yang mana karakter Kliwon langsung diperankan oleh seekor kera yang sedang terancam punah yaitu Lutung (nama ilmiahnya adalah Trachypitecus auratus).

3. Tora Sudiro menjadi kandidat kuat pemeran Si Buta?



          Screenplay film dan bumilangit studios menunjuk Timo Tjahjanto sebagai sutradara film pendekar yang satu ini. Mo panggilan akrabnya menyatakan bahwa filmnya nanti akan menceritakan asal mula sosok Barda Mandrawata yang tidak lain adalah nama asli dari Si Buta dari Gua Hantu. Info mengenai siapakah aktor yang pantas memerankan Si Buta masih belum ada, namun nama Tora Sudiro sempat terdengar dan akan menjadi kandidat sebagai pemeran utamanya.

4. Berawal dari komik dan berakhir di film


          Memang nama Si Buta sudah ada sejak lama dan menjadi icon pendekar sakti yang mengarungi seluruh Indonesia. Selain terkenal dengan komiknya, nama Si Buta juga semakin terkenal setelah film pertamanya dirilis pada tahun 1970 dengan judul yang sama dan selama 20 tahun sudah ada 7 film yang menceritakan kisahnya. Pada tahun 1993, untuk pertama kalinya Si Buta diangkat menjadi sebuah series yang tayang di RCTI kala itu yang diperankan oleh Hadi Leo dan pada tahun 2003 karakter ini muncul kembali dalam series yang berjudul Reo Manusia Serigala yang tayang di Trans TV dan diperankan oleh Tyas Wahono.

Itulah beberapa fakta mengenai sang legenda pendekar Si Buta dari Gua Hantu. Sepertinya superhero-superhero asli Indonesia sudah mulai terbangun dari tidur panjangnnya dan siap menjadi pesaing film superhero lainnya. Sekian artikel kali ini, selalu update info-info seputar tokusatsu, Marvel/DC, dan superhero lainnya hanya di KlikShowTime.

Terima Kasih dan Salam Henshin!


Source :
http://hai.grid.id/read/07967442/fakta-si-buta-dari-gua-hantu-dari-komik-sinetron-hingga-ke-film?page=all
https://www.bintang.com/celeb/read/2317118/kliwon-monyet-kesayangan-hadi-leo-si-buta-dari-gua-hantu
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaaa89dc06bd9a6e8b4568/timo-siap-garap-film-si-buta-dari-gua-hantu-siapa-yang-cocok-meranin-tora-sudiro/?ref=homelanding&med=hot_thread