Friday, February 23, 2018

Review Uchu Sentai Kyuranger: Potensi Besar yang Gagal Dimanfaatkan!

Dengan anggota tim berjumlah sembilan orang di awal kisah, bagaimana review Super Sentai terunik sepanjang sejarah ini?
Beranggotakan sembilan orang! Itulah nilai tambah yang ditawarkan di awal serial Uchu Sentai Kyuranger. Pada umumnya serial Super Sentai menggunakan format tim tiga atau lima orang, yang kemudian bertambah satu sampai dua orang sixth ranger dan beberapa extra ranger. Namun Uchu Sentai Kyuranger membuat gebrakan baru dengan memperkenalkan sembilan orang anggotanya dari awal cerita! Penasaran seperti apa kisahnya? Baca dulu review Uchu Sentai Kyuranger berikut ini!

Uchu Sentai Kyuranger berkisah tentang semesta yang telah dikuasai oleh organisasi jahat bernama Jark Matter. Lucky, seorang petualang yang berniat mengembara hingga ke ujung semesta bergabung dengan Uchu Sentai Kyuranger demi menyelamatkan semesta dari genggaman Don Armage, pimpinan Jark Matter. Setelah bergabung dengan Kyuranger, Lucky sedikit demi sedikit menemukan anggota lainnya dan menjadikan tim Uchu Sentai Kyuranger berjumlah sembilan hingga dua belas orang!
keunikan kyuranger
tidak, selain jumlah anggotanya yang begitu banyak Kyuranger juga memperkenalkan berbagai gebrakan baru yang tidak ada di serial sebelumnya. Super Sentai melakukan banyak uji coba yang bisa kita akui bersama, tampak menarik pada awalnya. Siapa yang tidak tertarik melihat variasi robot dan alien dalam tim? Tidak lupa juga karakter yang berbeda-beda. Tapi apakah eksekusinya sesuai dengan apa yang kita harapkan?

Memainkan karakter sebanyak ini tentu ada nilai positif dan negatifnya jika kita melakukan review Uchu Sentai Kyuranger. Positifnya? Kita bisa memainkan bermacam kemungkinan dengan beragam karakter. Mulai dari karakter buas seperti Garu sampai karakter elegan seperti Tsurugi pun ada. Bahkan desain kostum yang juga memiliki keunikan masing-masing mampu menonjolkan kelebihan dan ciri khas tiap-tiap Ranger. Tak cuma itu, hampir semua warna yang pernah ada di serial Super Sentai digunakan sekaligus di sini. Hal-hal itu tentu sangat membuat kita tertarik menontonnya, bukan?

Sayangnya, jumlah karakter yang melimpah ini justru merugikan mereka. Tak semua karakter mendapatkan sorotan dengan baik. Meskipun memang sudah menjadi penyakit umum bagi Super Sentai untuk terlalu fokus pada si Ranger Merah, tapi penyakit turunan ini tampak semakin buruk dengan jumlah Ranger yang begitu banyak. Seperti ketika Koutaro pertama kali menjadi KogumaSkyBlue misalnya, akan lebih menyenangkan jika hubungan Koutaro dan Stinger diperdalam di sini daripada memakai Lucky mengingat kedekatan mereka berdua.

Di Uchu Sentai Kyuranger, karakter-karakter tertentu kadang malah tampak terlupakan. Spada misalnya, sampai sekarang kita belum ditunjukkan apa yang mendorong Spada menjadi Kyuranger. Begitupun yang terjadi pada Raptor, meskipun ia memiliki banyak peran dalam cerita tapi kita hampir tidak pernah melihat Raptor berubah menjadi WashiPink kecuali momen besar di mana seluruh Kyuranger turun tangan. Garu juga mendapat perlakuan mirip di mana cerita yang berfokus padanya hanya terjadi di awal-awal serial. Sepanjang serial Garu ditampakkan tak lebih dari pengikut Lucky saja.

Jangan lupa perlakuan Champ terhadap Prof. Anton versi jahat. Jika memang ia merasakan sesuatu pada penciptanya itu, harusnya konflik batin yang dirasakan oleh Champ lebih diperdalam lagi. Mungkin karena keterbatasan episode atau fakta bahwa dia robot, sehingga mereka memutuskan mengabaikan faktor itu. Tapi lagi-lagi, ini adalah potensi yang sayang bila dilewatkan. Champ cukup memiliki banyak sorotan dalam serial Uchu Sentai Kyuranger, tapi satu-satunya momen penuh emosi yang bisa penulis rasakan mungkin hanyalah ketika Champ mengorbankan dirinya untuk Stinger.

Bagaimana dengan Jiro, adik Koutaro? Selama menjadi Kyuranger, hampir-hampir kita tidak pernah melihat penjelasan tentang keberadaan Jiro. Apakah Koutaro mengabaikannya begitu saja atau menitipkannya pada saudara mereka? Jangankan penjelasan yang memuaskan, mereka tak pernah menjelaskan apapun soal kondisi Jiro sampai akhirnya mereka bertemu kembali di bumi.
review uchu sentai kyuranger
Meski begitu review Uchu Sentai Kyuranger berani memuji kejeniusan penggunaan konsep keberuntungan Lucky. Dengan petarung sebanyak itu mereka tak selalu menurunkan seluruh pemainnya ke medan pertempuran dan menggunakan Kyulette untuk mengundi siapa Kyuranger yang akan menjalankan misi. Menjadikan Lucky sebagai manusia paling beruntung sejagat adalah langkah jenius karena mereka jadi punya alasan untuk selalu memasukkan Lucky ke tiap tim yang pergi bertugas, sehingga membuatnya dapat muncul di setiap episode.

Tapi lagi-lagi, saking fokusnya serial ini pada si Ranger Merah sampai-sampai hampir semua upgrade kekuatan diberikan pada Lucky. Memberikan upgrade ini pada anggota lain memang langkah cerdas yang sempat dilakukan pada salah satu episodenya, tapi menurut penulis tetap saja itu terlalu terlambat. Spada juga tampak tak perlu berlatih untuk mengendalikan Pegasus Kyutama, tak seperti Lucky di awal kemunculannya. Hal ini membuat penulis bertanya-tanya soal konsistensi cerita. Meskipun cerita ini ditujukan untuk anak-anak, mereka seharusnya bisa melakukan lebih baik dari ini.

Konsep cerita yang diusung Uchu Sentai Kyuranger memang bisa dibilang terlalu berani. Tak cuma heronya, tapi juga konsep penjahatnya. Ini pertama kalinya dalam sejarah Super Sentai, para hero harus menyelamatkan dunia yang telah dijajah oleh organisasi musuh. Biasanya, Sentai hanya bertugas untuk menghalangi niat buruk musuh dalam serial tersebut. Sayangnya review Uchu Sentai Kyuranger juga berpendapat bahwa pembawaan organisasi Jark Matter dalam serialnya tak bisa dibilang memuaskan.

Selain Scorpio, penjahat lain di serial Uchu Sentai Kyuranger terasa gampang sekali terlupakan. Sebut saja tiga orang Fuku Shogun yang salah satunya berhasil mencuci otak Naaga dan menjadikannya lawan dari Kyuranger. Bahkan, Naaga yang menjadi jahat tampak lebih dominan dalam cerita daripada dia yang berhasil mencuci otak HebitsukaiSilver menjadi HebitsukaiMetal. Kisah ayah Lucky yang dihipnotis menjadi jahat pun sama sekali tidak terasa dramatis dan kurang pendalaman yang berarti.

Plot twist yang disajikan untuk penonton juga menurut penulis tidak ada artinya. Cuervo ternyata adalah Don Armage, lalu kenapa? Kedekatan antara Cuervo dan Tsurugi tidak terlalu didalami sehingga penonton pun tidak dapat merasakan banyak hal ketika itu diungkapkan. Meski begitu setidaknya mereka dapat menjelaskan kenapa Don Armage masih bertahan, selain kondisi di mana Don Armage dapat menciptakan klon dari dirinya dan telah merasuki tubuh kawan Tsurugi.
review uchu sentai kyuranger
Setidaknya review Uchu Sentai Kyuranger memuji cara mereka menutup serial. Mereka membuat semua Kyuranger terpojok dan tampak mati dengan dramatis, ini yang penulis sukai. Lalu kemenangan mereka dengan rencana dan kekuatan keberuntungan Lucky (inti dari semua cerita Kyuranger) juga disampaikan dengan halus. Hingga kemudian ditutup dengan cerita tentang keadaan mereka semua setelah Jark Matter menghilang dari semesta, penulis berani bilang penutupan ini sangat memuaskan.

Tapi semua itu tidak mengubah kondisi bahwa proses menuju episode terakhirnya terasa tidak berarti. Kalau memang sangat penasaran dengan cerita Uchu Sentai Kyuranger, penulis menyarankan untuk menonton sebagian cerita awalnya lalu langsung loncat ke dua sampai tiga episode terakhir. Karena memang inti cerita Kyuranger kurang lebih hanya itu.

Bagaimana pendapat kalian setelah membaca review Uchu Sentai Kyuranger? Apakah kalian setuju atau malah sangat setuju? Jangan lupa tinggalkan kesan kalian di kolom komentar, ya!

Sumber : duniaku